Spirulina sebagai future food

Spirulina sering disebut dengan ganggang hijau-biru (cyanobacteria), merupakan jenis organisme yang tumbuh di air tawar dan air asin. Spirulina merupakan jenis tanaman yang berbentuk seperti spiral dan berukuran mikroskopis. Seperti tanaman pada umumnya, Spirulina juga bisa memiliki energi melalui sinar matahari melalui proses fotosintesis.

Ada berbagai macam jenis spirulina. Namun, saat ini dua diantaranya sangat umum digunakan pada olahan makanan dan obat, yaitu spirulina maxima (Arthrospira maxima) dan juga spirulina platensis (Arthrospira platensis).

Spirulina hadir sejak beberapa abad yang lalu dan sudah lama dimanfaatkan kandungan nutrisinya oleh para suku Aztec yang berada ada di Meksiko, sebagai bahan makanan. Di zaman yang modern seperti saat ini, spirulina juga masih banyak dimanfaatkan dalam bentuk olahan seperti suplemen, masker wajah, bahkan dalam bentuk kopi spirulina.

Spirulina merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk suplemen serta masker wajah sebab menjadi sumber nutrisi yang memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh. Lantaran memiliki banyak khasiat, spirulina kerap kali disebut sebagai superfood atau makanan super yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hanya dengan mengonsumsinya atau menggunakannya.

Nutrisi yang terkandung dalam Spirulina sangat melimpah. Spirulina memiliki banyak protein antara 55-70%, 9 asam amino esensial dan juga 10 non esensial. Kandungan protein Spirulina lebih tinggi dari telur, ayam, ikan, daging, serta sumber protein lain yang umum dikonsumsi. Vitamin yang dikandung sangat beragam, seperti provitamin A, vitamin E, vitamin, B6, vitamin B12, vitamin K, dan masih banyak lagi. Terdapat juga beberapa kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi dalam jumlah sedikit. Tentunya yang menjadi daya tarik dari Spirulina adalah fikosianin sebagai pigmen dominan yang diketahui memiliki efek antioksidan saat digunakan atau dikonsumsi.

Khasiat yang dapat dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh juga cukup banyak. Spirulina adalah sumber antioksidan yang bisa melindungi dari kerusakan oksidatif. Komponen aktif di dalam spirulina sendiri dikenal dengan phycocyanin. Phycocyanin bisa melawan radikal bebas dan juga menghambat sebuah produksi molekul pensinyalan inflamasi, sehingga bisa mengakibatkan dampak serta efek antioksidan dan juga  anti-inflamasi yang mengesankan. Efek antioksidan pada Spirulina juga dapat membantu menghilangkan atau mencegah pertumbuhan tumor menjadi kanker. Spirulina bisa membantu untuk menghilangkan racun dari kulit, juga mempercepat pergantian ataupun regenerasi sel yang dapat membantu merawat dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, Spirulina juga bisa mencegah pertumbuhan juga bakteri pemicu jerawat. Spirulina dapat membantu mengatasi anemia karena memiliki kandungan zat besi yang mencukupi kebutuhan harian tubuh. Spirluna juga dapat membantu kontrol gula darah dan kolesterol agar terjaga pada ambang batas normal.

Menilik kandungan nutrisi serta khasiat dari Spirulina, sebutan superfood bukan sesuatu yang berlebihan. Namun, tampaknya sebutan yang paling sesuai bagi Spirulina adalah future food atau makanan masa depan. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, Spirulina juga memiliki siklus hidup yang menunjang kecepatan pertumbuhan spirulina.

Siklus hidup Spirulina yaitu proses reproduksinya disempurnakan dengan fragmentasi dari trikoma yang telah dewasa. Reproduksi Spirulina terjadi secara aseksual dengan pembelahan sel, yaitu dengan memutus filamen menjadi satuan-satuan sel yang membentuk filamen baru. Ada tiga tahap dasar pada reproduksi Spirulina: proses fragmentasi trikoma, pembesaran dan pematangan sel hormogonia, serta perpanjangan trikoma. Selanjutnya trikoma dewasa dapat dibagi menjadi filamen atau hormogonia, dan sel-sel di hormogonia akan meningkat melalui pembelahan biner, tumbuh memanjang dan membentuk spiral.

Siklus reproduksi Spirulina berlangsung melalui pembentukan hormogonium yang dimulai ketika salah satu atau beberapa sel yang terdapat di tengah-tengah trikoma yang mengalami kematian dan membentuk badan yang disebut cakram pemisah berbentuk bikonkaf. Sel-sel mati yang disebut nekrida tersebut akan putus dengan segera, kemudian trikoma terfragmentasi menjadi koloni sel yang terdiri atas 2-4 sel yang disebut hormogonia dan memisahkan diri dari filamen induk untuk menjadi trikoma baru. Hormogonia memperbanyak sel dengan pembelahan pada sel terminal. Tahap akhir proses pendewasaan sel ditandai terbentuknya granula pada sitoplasma dan perubahan warna sel menjadi hijau kebiruan.

Pada intinya, Spirulina yang mati dapat membentuk 2-4 sel Spirulina baru sehingga perkembangan dan pertumbuhannya berlangsung cepat. Dalam kondisi lingkungan yang optimal serta penggunaan media dan nutrisi yang tepat, siklus ini dapat berlangsung dengan sangat cepat sehingga persediaan Spirulina pun tidak mudah habis. Tentunya sangat tepat sebutan future food disematkan pada Spirulina sebagai sumber pangan yang tidak mudah habis dan dapat dipanen secara berkelanjutan. Namun harus tetap diingat, sumber pangan yang tidak mudah habis pun dapat habis jika terjadi eksploitasi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembatasan ketika panen agar dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Oleh: Gregorius Richard CR

Referensi:

Ali SK. and Saleh AH. 2012. Spirulina – an overview. Int J Pharm Pharm Sci, Vol 4, Issue 3, 9-15.

    13 tanggapan untuk “Spirulina sebagai future food”

    1. Your article made me suddenly realize that I am writing a thesis on gate.io. After reading your article, I have a different way of thinking, thank you. However, I still have some doubts, can you help me? Thanks.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Mungkin Anda Tertarik :

    Some Men Are Attracted to Beautiful Asian Girls

    Several guys find attractive Asian women https://www.brandeis.edu/abroad/resources/identity-culture/dating-relationships-boundaries.html captivating for a variety of reasons. They are strong, independent, unique, and have substantial Iqs. Additionally, they look

    Read More »

    Pengumuman Lowongan Pekerjaan

    Bergabunglah dengan Tim Profesional Keuangan Kami Menyambut Kesempatan Berkembang dalam Operasi Keuangan Kami dengan sukacita ingin menginformasikan bahwa kami membuka peluang untuk bergabung dengan tim

    Read More »

    © 2020 PT Alga Bioteknologi Inodnesia, All right reserved.